Kamis, 07 Oktober 2010

Profesi, Profesional dan Profesionalisme

            Profesi adalah suatu pekerjaan yang dilaksanakan sesuai dengan keahlian dan menggunakan tehnik-tehnik ilmiah serta dedikasi yang tinggi. Profesi memiliki kode etik, yang merupakan lanjutan dari norma-norma yang lebih umum yang telah dibahas dan dirumuskan dalam etika profesi. Dengan demikian kode etik profesi adalah sistem norma atau yang ditulis secara jelas dan tegas secara terperinci yang tidak boleh dilakukan oleh seorang profesional. Adapun tujuan dari kode etik adalah menjunjung tinggi martabat profesi, menjaga kesejahteraan anggota, meningkatkan mutu profesi, meningkatkan pengabdian para anggota, meningkatkan layanan diatas keuntungan pribadi dan meningkatkan mutu organisasi pribadi.

          Profesional adalah seseorang yang menyandang suatu jabatan atau pekerjaan yang dilakukan dengan keahlian atau keterampilan yang tinggi. Seorang profesional adalah orang yang menyadari betul arah tujuan, mengapa ia menempuh jalan itu dan bagaimana caranya ia harus menuju jalan itu. Seorang profesional adalah seorang yang senantiasa siap siaga dengan gagasannya bila diperlukan. Ia adalah seorang ysng realistis, yang menyadari kemungkinannya membuat kesalahan. Akan tetapi ia cukup bijaksana pula untuk tidak membuat kesalahan yang sama sampai dua kali.

            Profesionalisme adalah suatu komitmen para anggota suatu profesi untuk meningkatkan kemampuannya terus menerus. Profesionalisme dapat dikatakan sebagai sifat-sifat (kemampuan, kemahiran, cara pelaksanaan sesuatu dan lain-lain) sebagaimana yang sewajarnya ter dapat pada atau dilakukan oleh seorang profesional.
Ciri-ciri profesionalisme, yaitu:
- menghendaki sifat mengejar kesempurnaan hasil, sehingga dituntut untuk mencari peningkatan mutu.
- memerlukan kesungguhan dan ketelitian kerja yang hanya dapat diperolah dari pengalaman.
- menuntut ketekunan dan ketabahan
- memerlukan integritas tinggi yang tidak tergoyahkan oleh keadaan terpaksa.
- memerlukan adanya kebulatan pikiran dan perbuatan, sehingga terjaga efektivitas kerja yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar