Senin, 03 Januari 2011

Resume Kel.8 >> Kinerja Pendidik Dalam Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

            Kemampuan mendasar dari karya ilmiah adalah menulis. Menulis merupakan salah satu kemampuan bahasa yang harus dimiliki oleh setiap guru. Menulis mempunyai peranan yang cukup tinggi dan strategis. Dilihat dari perspektif guru sebagai subjek, dan sebagai praktisi pendidikan sesungguhnya para guru memiliki potensi dan kesempatan menulis yang sangat besar. Tetapi persoalannya terletak pada guru tersebut apakah mempunyai kemauan atau tekad yang kuat untuk menulis.

Karya tulis ilmiah antara prestise akademis, ekonomis dan popularitas
:) Prestise akademis
    Menulis yang dilakukan oleh guru dapat membuatnya dihargai secara akademis
:) Ekonomis
  Kegiatan menulis bisa memiliki nilai ekonomis yang cukup besar dan bisa menambah keuntungan.
:) Popularitas
   Menulis bisa memberikan keuntungan popularitas, karena penulis yang sering menulis di media massa biasanya dikenal banyak orang.

           Dengan menulis fiksi maupun non fiksi banyak hal yang dapat kita peroleh, baik yang bersifat akademis, ekonomis maupun popularitas. Dengan menulis dan melakukan berbagai penelitian dapat menciptakan guru yang profesionalisme, kritis, inovatif serta mengedepankan mutu pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik. Peran pemerintah dalam upaya melakukan revitalisasi terhadap kualitas guru di Indonesia harus diberikan apresiasi dengan adanya sertifikasi, sehingga dapat melahirkan guru-guru yang profesional.
          Sertifikasi guru ini menjadi point awal menuju kebangkitan pendidikan negeri ini. Dengan  sertifikasi akan muncul guru-guru profesional yang mampu mengaajar dengan kreatif, inovatif dan inspiratif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar