Senin, 03 Januari 2011

Resume Kel.9 >> Kinerja Pendidik Dalam Supervisi Pendidikan

Supervisi adalah suatu pekerjaan inspeksi, mengawasi dalam pengertian mencari kesalahan dan menemukan kesalahan dengan tujuan untuk dipeerbaiki.

Keterampilan dasar seorang supervisor ada lima, yaitu :
- Keterampilan dalam hubungan kemanusiaan
- Keterampilan dalam proses kelompok
- Keterampilan dalam kepemimpinan pendidikan
- Keterampilan dalam mengatur personalia sekolah
- Keterampilan dalam evaluasi

Tujuan supervisi pendidikan
Menurut Olive bahwa sasaran supervisi pendidikan ialah mengembangkan kurikulum yang sedang dilaksanakan di sekolah, meningkatkan proses belajar-mengajar di sekolah dan mengembangkan seluruh staf disekolah. Adapun fungsi dari supervisi pendidikan ditujukan pada perbaikan dan peningkatan kualitas pengajaran.

Prinsip supervisi pendidikan :
1. Prinsip ilmiah yaitu kegiatan yang dilaksanakan berdasarkan data objektif yang diperoleh dalam kenyataan pelaksanaan proses pembelajaran.
2. Prinsip demokratis yaitu servis dan bantuan yang diberikan kepada guru berdasarkan hubungan kemanusiaan yang akrab dan kehangatan sehingga guru-guru merasa aman untuk mengembangkan tugasnya. Demokrasi mengandung arti menjunjung tinggi harga diri dan martabat guru.
3. Prinsip kerjasama yaitu mengembangkan usaha bersama, memberi support, mendorong, menstimulasi guru sehingga mereka merasa tumbuh bersama.
4. Prinsip Konstruktif dan kreatif yaitu setiap guru merasa termotivasi dalam mengembangkan potensi kreatifitas jika supervisi mampu menciptakan suasana kerja yang menyenangkan, bukan melalui cara-cara yang menakutkan.

Peranan supervisi pendidikan untuk membantu memberi support dan mengajak mengikutsertakan. dilihat dari fungsinya,tampak dengan jelas peranan supervisi itu. Peranan itu tampak dalam kinerja supervisor yang melaksanakan tugasnya. Seorang supervisor dapat berperan sebagai koordinator, konsultan, pemimpin kelompok dan evaluator.

Objek supervisi dimasa yang akan datang mencakup : pembinaan dan pengembangan kurikulum, peningkatan proses pembelajaran pengembangan, pengembangan sumberdaya guru dan staf sekolah dan pemeliharaan moral serta semangat kerja guru-guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar